PUNCAK SOSOK BANTUL: Harga Menu & Tiket Masuk

Wisata Puncak Sosok Bantul – Salah satu darmawisata yang dapat dicoba di Yogyakarta yakni menikmati momen petang di Puncak Sosok Bantul. Wisata Yogyakarta ini amat menarik dengan suasananya yang mensupport.

Tempang Ngopi Puncak Sosok
Tempang Ngopi Puncak Sosok, Picture by @gagahiman

Obyek rekreasi yang dibentuk Januari 2018 dahulu ini saat ini didatangi ratusan turis, terutama petang hari di akhir minggu. Tidak hanya pemandangan sunset yang mempesona, pertunjukan akustik juga membuat atmosfer petang di Puncak Sosok terus menjadi romantis.

Daya Tarik Wisata Puncak Sosok

Wisata Puncak Sosok
Wisata Puncak Sosok, Picture by @bylaurasoe

Tempat ini tadinya bukanlah suatu objek wisata, yang mana hanya bentangan bukit di dekat rumah masyarakat. Menariknya, tempat ini sering didatangi para pesepeda alhasil lama kelamaan tempat ini jadi ramai.

Terlebih, wisatawan yang tiba sering mendokumentasikan momen serta membagikannya di media sosial. Pada kesimpulannya, area itu diatur oleh warga setempat serta mulai dijadikan objek wisata di tahun 2018.

Di kala hari terang, wisatawan bisa memandang dengan panorama alam menawan khas perbukitan. Pemandangan panorama alam yang hijau bisa memanjakan setiap mata yang memandang pastinya. Menariknya, pihak pengelola sudah memenuhi spot- spot untuk difoto yang nampak Instagramable.

Ada pula salah satu spot foto kesukaan para wisatawan yakni jembatan kayu yang terdapat di sisi barat. Saat diambil foto di spot itu, Anda akan memperoleh latar belakang pemandangan yang bagus pastinya.

Waktu yang pas untuk mendatangi objek rekreasi ini yakni di petang hari. Tetapi, janganlah tiba sangat petang juga, kami mengusulkan untuk tiba pukul 4 petang, serta cari tempat terbaik untuk menikmati sunset.

Pastinya asyik menikmati live musik di Puncak Sosok dengan latar belakang indahnya lampu kota Jogja. Pementasan musik akustik ini umumnya di gelar di akhir minggu, dengan catatan tidak hujan. Siapapun bisa mengikutkan band masing-masing pada pengelola sebagai penampil.

1. Berfoto

Terletak di ketinggian, Puncak Sosok Bantul menawarkan keelokan pemandangan untuk para pengunjungnya. Pihak pengelola dari warga, yakni Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Jabal Kelor juga sudah meningkatkan ornamen berfoto yang menarik.

Posisi swafoto di Puncak Sosok juga terdapat banyak. Panorama alam menawan dari ketinggian sedemikian itu hingga posisi seakan membuat tangan gatal untuk lekas mengeluarkan fitur kamera serta difoto.

Salah satu spot foto kesukaan wisatawan Puncak Sosok terdapat di jembatan kayu yang terdapat kira- kira ke barat. Bentuk jembatan yang istimewa dengan latar belakang pemandangan terbuka memanglah membuat banyak orang suka difoto di sini.

Wisatawan juga dapat difoto dengan pemandangan yang tidak biasa, ialah Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Piyungan. Walaupun tempat pembuangan kotor terkesan jorok, jaraknya yang mencapai satu km membuatnya hanya nampak semacam bukit pasir.

2. Jajan di Warung

Sarana penunjang wisata di Puncak Sosok telah cukup lengkap. Salah satu sarana yang dapat dinikmati merupakan gerai makan. Berbagai macam santapan serta minuman dapat dipesan di sini untuk teman menikmati indahnya pemandangan petang.

Santapan yang dijual disini antara lain semacam ketahui walik, bakso tusuk, sempol ayam, siomay, sate gajih, cilok krispy, serta jagung bakar. Untuk minuman, ada teh, jeruk, serta kopi.

Advertisement

Menikmati hidangan tidak cuma dapat dicoba di tempat duduk yang sudah disajikan oleh pengelola. Wisatawan pula dapat memesan karpet serta bersantap sambil berselonjor serta menikmati panorama alam bersama musik akustik.

3. Menikmati Musik Akustik

Mayoritas wisatawan Puncak Sosok yang tiba umumnya bersantai sambil menikmati hidangan musik akustik. Memanglah pengelola sudah sediakan panggung terbuka serta set sound serta perlengkapan musik alhasil siapa juga dapat terlihat.

Pementasan akustik umumnya teratur diselenggarakan kala akhir minggu dikala tidak hujan. Pada malam akhir pekan, panggung akustik umumnya berjalan dari petang sampai malam hari. Perlu diketahui bila pemandangan malam hari di sini juga begitu mempesona.

Mereka yang ingin menunjukkan pementasan akustik cukup menemui pengelola. Berikutnya cukup pastikan agenda dengan pengisi kegiatan yang lain. Pentas terbuka ini pula dapat dipakai untuk panggung tari konvensional.

4. Menikmati Pertandingan Bola

Puncak Sosok jadi salah satu lokasi diadakannya kegiatan nonton bareng dikala perlombaan besar semacam final Liga Champions ataupun piala dunia. Bila bingung memastikan posisi nonton bareng disaat di Jogja, obyek rekreasi ini dapat jadi tujuan.

Pengelola akan mendirikan layar besar alhasil bisa dinikmati wisatawan yang tiba untuk nonton bareng. Pasti nonton bareng suatu perlombaan besar bakal lebih asyik dari nonton sendiri di rumah.

5. Menikmati Suasana Malam

Untuk menikmati objek rekreasi ini, Anda memang bakal dikenai bayaran tiket masuk. Tetapi, istimewanya bayaran yang wajib Anda keluarkan adalah berbentuk bayaran ikhlas, dalam arti tidak terdapat bayaran khusus.

Pada saat momen mentari terbenam habis, kesempatan pesona malam di Pucuk Wujud yang menampakkan keindahannya. Sinar lampu mempercantik dengan latar belakang berkilap lampu kota Yogyakarta seolah jadi kombinasi yang begitu sempurna.

Pasti memerlukan fitur yang mencukupi untuk dapat memfoto keelokan malam dari Puncak Sosok. Umumnya, kamera DSLR ataupun mirrorless sanggup menjepret panorama alam malam dengan cara yang pas, yakni long exposure.

Harga Menu Puncak Sosok

Wisata Puncak Di Bantul
Wisata Puncak Di Bantul, Picture by @bansmarwanto

Tempat rekreasi ini menyuguhkan pondok-pondok gerai makan yang berbaris rapi. Konsep yang terhidang juga nampak istimewa, dengan atap jerami serta materi gedung dibuat dari bambu. Ada pula pondok-pondok ini menjajakan bermacam menu santapan serta minuman.

Sebagian menu santapan serta minuman yang ada di Puncak Sosok ialah bakso tusuk, sempol ayam, tahu walik, berbagai macam minuman hangat, serta yang lain dengan harga yang lumayan terjangkau mulai dari Rp15.000. Berikut beberapa listnya:

No.Daftar Menu
1.Susu Segar
2.Jus Buah
3.Es Jeruk
4.Wedang Jahe

Jam Buka Wisata Puncak Sosok

Seperti yang sudah dipaparkan lebih dahulu, waktu berkunjung terbaik ialah di petang hari sampai tutup. Persisnya, mulai jam 16.00 WIB sampai 23.00 WIB. Sebaliknya di pagi hari, umumnya tempat rekreasi ini didatangi dari golongan pesepeda.

Fasilitas Umum Puncak Sosok

Puncak Sosok Bantul
Puncak Sosok Bantul, Picture by @gagahiman

Sebagai objek rekreasi yang diatur dengan bagus, Puncak Sosok Bawuran pula mempunyai sarana yang mencukupi untuk memanjakan wisatawan, antara lain:

  • Tempat Makan
  • Taman Luas
  • Toilet
  • Tempat Shalat
  • Spot Foto Bagus
  • Trek Downhill

Lokasi Puncak Sosok Bantul

Tempat Nongkrong Di Puncak Sosok
Tempat Nongkrong Di Puncak Sosok, Picture by @taufiqrhmn19

Alamat Puncak Sosok terletak di Desa Jambon, Dusun Bawuran, Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55791. Posisi tempat rekreasi ini berjarak kurang lebih 16 kilometer dari kota Yogyakarta, dengan jarak tempuh dekat 45 menit.

Untuk rutenya, silahkan pacu alat transportasi mengarah jalur Pleret- Patuk. Saat sebelum tanjakan mengarah Cino Mati, ambil arah ke utara. Di situ, Anda akan melihat plang petunjuk jalur mengarah Puncak Sosok. Sesampainya di Desa Jambon, Anda wajib melampaui jalar cor blok menanjak.

Tidak cuma menanjak, jalannya terhitung kecil, apalagi hanya dapat dilintasi satu bagian mobil. Walaupun lumayan jauh, Anda akan dimanjakan dengan indahnya perbukitan nan hijau di sepanjang jalur.

Itu tadi penjelasan mengenai Puncak Sosok Bantul beserta harga tiket dan menunya. Tempat ini bisa jadi rekomendasi bagi Anda yang ingin menikmati suasana indah nan sejuk. Ajak teman dan saudara untuk menikmati keindahan alam di Bantul ini.

Kunjungi juga: