Benang Kelambu Waterfall Harga Tiket Masuk, Daya Tarik, Fasilitas & Lokasi

Rutinitas harian terkadang terasa begitu membosankan, sehingga membuat sebagian orang menjadi kehilangan fokus atau stress. Apabila Kamu mengalami kondisi seperti itu, tentu saja akan membutuhkan sedikit petualangan dan refreshing, ya kan?

Nah, Kali ini kamu akan diajak melakukan petualangan ke salah satu air terjun di Lombok. Yup, selain terkenal dengan wisata pantai yang indah, pulau Lombok juga menyimpan keindahan wanawisata lain, yaitu Benang Kelambu Waterfall.

Dari namanya saja, kamu dapat membayangkan kelambu air yang menjuntai dari ketinggian. Dengan dikelilingi perbukitan hijau, udara segar, serta perpaduan suara air dan alam yang membuat kamu lebih tenang. Seperti apa sih, kecantikan Benang Kelambu Waterfall sesuangguhnya? Yuk simak ulasan di bawah ini!

Kecantikan Benang Kelambu Waterfall

Biasanya, kesan awal saat berwisata ke air terjun adalah suara hempasan air yang menderu serta butiran lembut air saat menerpa wajah. Berbeda dengan air terjun Benang Kelambu yang memberikan kamu kesan tenang dan menyejukkan. Apalagi dengan ukuran air terjun yang terbagi menjadi tiga bagian.

Air terjun paling atas merupakan puncak air terjun yang memanjang.  Aliran air yang jatuh menyerupai kelambu menyeruak dari dedaunan. Tinggi air terjun pertama kurang lebih 30 meter dengan  aliran air langsung dari mata air yang terletak tidak jauh. Bisa dibayangkan, kan betapa segar dan alaminya air yang tersaji dalam aliran air Benang Kelambu.

Berpetualang Menuju Benang Kelambu Waterfall
Berpetualang Menuju Benang Kelambu Waterfall, photo by @moharris_

Kemudian, aliran air tertampung dalam sungai yang tidak terlalu panjang, dan mengalir menuju air terjun kedua. Walau tidak setinggi pada air terjun pertama, hanya sekitar 10 meter saja. Namun kamu akan melihat seakan-akan air terjun yang keluar dari sela-sela dedaunan.

Setelah memanjakan mata dengan kecantikan air terjun pertama dan kedua, sekarang kamu akan merasakan segarnya air dalam air terjun ketiga. Tidak terlalu tinggi, hanya sekitar 5 meter, kamu dapat bermain air dan merasakan guyuran air terjun secara langsung.

Fasilitas dalam Wanawisata Benang Kelambu Waterfall

Bagi kamu yang jauh-jauh datang untuk berwisata ke Benang Kelambu Waterfall, jangan khawatir. Ada beberapa Villa, Hotel dan Resort di sekitar Benang Kelambu waterfall yang dapat mempermudah akomodasi dalam menjelajahi alam Lombok. Dan tentu saja para staff penginapan ataupun agen wisata terdekat akan mendampingi jika kamu membutuhkan guide.

Atau jika kamu berencana berkendara sendiri bersama keluarga, wanawisata ini juga menyediakan lahan parkir mobil maupun motor. Untuk tetap menjaga keasrian alam, tentu saja tempat parkir sedikit jauh dari lokasi, kurang lebih 1 km.

Advertisement

Ada juga warung-warung yang siap menyediakan makanan dan minuman dalam perjalanan kamu saat menuju Benang Kelambu. Jadi tidak perlu membawa bekal terlalu banyak. Selain itu warung-warung tersebut dapat menjadi tempat istirahat saat mulai merasa lelah.

Jadi, selain dapat menikmati keindahan alam, kamu juga dapat menikmati keramahan lokal warga sekitar. Ada juga mushola bagi wisatawan muslim yang ingin melaksanakan ibadah.

Berpetualang Menuju Air Terjun Benang Kelambu
Berpetualang Menuju Air Terjun Benang Kelambu, photo by @inindonesiaku

Tidak Perlu Merogoh Saku Terlalu Dalam Jika Berwisata ke Benang Kelambu Waterfall

Salah satu keunggulan wanawisata tidak perlu mengeluarkan saku terlalu banyak. Begitu juga jika kamu ingin berwisata ke Benang Kelambu Waterfall, tiket masuk hanya Rp. 10,000 begitu terjangkau bukan?

Untuk akomodasi juga fleksibel, tergantung dengan kebutuhan serta kondisi keuangan kamu. Jika menggunakan motor, uang parkir cukup  Rp. 2000, sementara mobil Rp. 5000. Dan jasa sewa guide sampai lokasi berkisar Rp. 90,000 untuk satu rombongan (Maksimal 7 orang). Murah sekali, kan?

Menikmati Perjalanan Menuju Benang Kelambu Waterfall

Menikmati berwisata tidak hanya saat kita berada pada lokasi wisata tersebut, menikmati sebuah perjalanan juga merupakan kenikmatan tersendiri. Begitu juga saat kita berwisata ke Benang Kelambu Waterfall, perjalanan menarik dan menyenangkan akan kamu rasakan.

Lokasi Benang Kelambu sendiri berada pada wilayah Lombok Tengah, lebih tepatnya pada dusun Pemotoh, Desa Aik Berik, Kecamatan Batu Keliang Utara. Kurang lebih 55 km dari Bandar Udara Internasional Lombok. Apabila kamu menggunakan jalur bypass butuh waktu 1 jam perjalanan.

Berpetualang Di Benang Kelambu Waterfall
Berpetualang Di Benang Kelambu Waterfall, photo by @ahyan_qudsi

Lokasi air terjun yang berada dalam hutan, seringkali membingungkan. Jika takut tersesat, kamu dapat bertanya atau menyewa jasa Guide agar dapat sampai ke dalam lokasi air terjun.

Dalam perjalanan menuju Benang Kelambu, kamu akan menemui air terjun lagi, yaitu air terjun Benang Stokel. Kedua air terjun ini berada dalam satu trek, jadi kamu akan dimanjakan dengan pemandangan alam, air Terjun Benang Stokel dan pada puncaknya adalah Benang Kelambu.

Waktu Terbaik Untuk Menikmati Wisata Benang Kelambu Waterfall

Mengingat perjalanan yang lumayan jauh, kurang lebih 1.5 km dari tempat parkir. Tentu saja akan sangat menyegarkan jika kamu berangkat pada pagi hari. Pasalnya, wanawisata ini dibuka pada pukul 7 pagi hingga pukul 5 sore.

Sangat tidak disarankan untuk melakukan perjalanan pada malam hari atau bermalam di lokasi air terjun. Mengingat minimnya penerangan dan petugas jaga yang tidak dapat menjangkau ke seluruh area Benang Kelambu. Selain itu, jika melakukan perjalanan dalam kegelapan, kamu juga tidak dapat menikmati rindang dan pemandangan alam Benang Kelambu.

Banyak sekali kegiatan bersama keluarga maupun pasangan yang dapat kamu lakukan selama perjalanan menuju benang kelambu waterfall. Banyak spot Selfie untuk mengabadikan momen yang baik, penjaja makanan serta minuman khas Lombok. Keramahan warga lombok, yang mana semua kompleksitas tersebut siap memanjakan jiwa dan raga kamu.

Foto Berpetualang Menuju Benang Kelambu Waterfall
Foto Berpetualang Menuju Benang Kelambu Waterfall, photo by @fascinating.experiences
Benang Kelambu Waterfall Yang Mempesona
Benang Kelambu Waterfall Yang Mempesona, photo by @panz_sikaki_liah
Benang Kelambu Waterfall
Benang Kelambu Waterfall, photo by @ajiabiyoga
Berpetualang Menuju Benang Kelambu
Berpetualang Menuju Benang Kelambu, photo by @cruise.travelbycheri

Jadi, bagaimana? Sudah siap liburan ke Benang Kelambu Waterfall selepas pandemi nanti?