Harga Tiket Masuk Monumen Kapal Selam Surabaya Terbaru

Monumen Kapal Selam Surabaya – Perjuangan dan keberanian para pejuang dalam mempertahankan kemerdekaan negara Indonesia ini menjadikan kota Surabaya mendapat julukan sebagai Kota Pahlawan. Sampai sekarang ini, Anda dapat menemukan berbagai gedung tua atau peninggalan – peninggalan yang menjadi saksi dalam mencapai dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia di Surabaya.

Salah satu peninggalan tersebut Kapal Selam yaitu merupakan sebuah monumen Kapal Selam yang terdapat di Embong Kaliasin, Genteng, Kota Surabaya. Monumen tersebut terletak di pusat kota, monumen kapal selam ini bernama kapal selam KRI Pasopati 410, yaitu merupakan armada Angkatan Laut Indonesia yang dibuat Uni Soviet pada tahun 1952.

Monumen Kapal Selam Surabaya
Monumen Kapal Selam Surabaya, Picture by @renaldysetiady

Monumen Kapal Selam Surabaya ini merupakan monumen Kapal Selam terbesar di kawasan Asia, Pastinya Anda semakin penasaran bagaimana sejarah kapal selam kebanggaan Indonesia ini, bagaimana bentuk di dalam kapal selam tersebut. Oleh karena itu kami Suwatu.com akan membahas tentang beberapa point tentang Monumen Kapal Selam yang ada di Surabaya ini, yaitu mulai dari Daya Tarik, Fasilitas, Harga Tiket Masuk atau HTM, Jam Buka dan Lokasinya. Berikut ini penjelasannya:

Daya Tarik Monumen Kapal Selam Surabaya

Daya tarik yang di berikan museum ini pastinya sangat bermanfaat karena jika Anda berkunjung ke tempat ini Anda akan mendapatkan informasi bersejarah yang pastinya akan merasakan semangat para pejuang Indonesia. Daya tarik yang tak terlupakan pastinya pertempuran kapal selam ini yaitu pernah dilibatkan dalam pertempuran di Laut Aru yaitu pada saat itu untuk membebaskan Irian Barat pada pendudukan Belanda.

Monumen Kapal Selam Surabaya monumen ini merupakan salah satu Armada dari Divisi Timur. Pada tanggal 15 Juli 1998, Monumen kapal selam ini resmi dibuka dan telah menjadi objek wisata bersejarah di Kota Surabaya. Pastinya monumen ini  bukanlah replika, Pada pembuatan monumen kapal selam ini dilakukan dengan cara membagi kapal menjadi 16 bagian dan dirangkai kembali menjadi kapal selam yang utuh sepenuhnya.

Advertisement

Monumen Kapal Selam Surabaya yaitu KRI Pasopati 410 ini adalah tipe SS Whiskey Class. Yaitu dimana kapal selam ini bertugas di Angkatan Laut sejak pada tanggal 29 Januari 1962. Kapal Selam KRI Pasopati 410 ini tentu saja memiliki peran besar dalam mempertahankan hukum kelautan Indonesia, Contohnya saja operasi Trikora. Kapal selam KRI Pasopati 410 ini mempunyai panjang 76,6 x 6,30 meter dan memiliki berat 1.300 ton. Untuk kecepatannya kapal selam KRI Pasopati 410 ini  mencapai 18,3 knot di atas permukaan laut, dan 13,6 knot di bawah permukaan laut.

Museum Kapal Selam Surabaya
Museum Kapal Selam Surabaya, Picture by @amaliapranata

Tidak hanya itu saja, Kapal selam KRI Pasopati 410 ini juga telah dilengkapi dengan 12 torpedo uap gas yang memiliki panjang 7 meter. Kapal selam KRI Pasopati 410 terdapat 7 ruangan, yaitu diantaranya terdapat ruang haluan torpedo dan ruang mesin diesel. Ada juga ruang komandan serta juga ruang awak kapal selam tersebut.  Kapal Selam KRI Pasopati 410 ini didatangkan langsung dari Negara Rusia. Sebelum membawa kapal selam KRI Pasopati 410 ini dari sana, pelaut muda dari Indonesia dikirimkan ke Rusia, Mereka mengikuti pelatihan yang keras untuk menjadi awak kapal selam yang di beri nama KRI Pasopati 410 ini.

Pada saat itu, hanya Negara Indonesia di belahan dunia selatan yang mempunyai 12 kapal selam. Kapal selam jenis Whisky Class ini menjadi kapal selam diesel yang pada saat itu amat ditakuti oleh Blok NATO. Bahkan pada saat itu Belanda tidak dapat menandingi kapal selam milik Indonesia. Kapal selam KRI Pasopati 410 ini dipersenjatai oleh rudal anti serangan udara, tidak hanya itu saja ada juga peluncur torpedo di buritan dan haluan kapal selam ini.

Tidak hanya tempat wisata saja, Monumen kapal selam surabaya ini juga dibangun sebagai warisan sejarah di Indonesia yaitu sebagai Negara Maritim. Tidak hanya interior kapal selam saja yang menarik untuk Anda lihat, di museum ini Anda juga dapat meilihat pemutaran film tentang peperangan yang terjadi di Laut Aru. Jika Anda ingin mengunjungi wisata monumen kapal selam ini, maka Anda akan ditemani oleh seorang pemandu lokal yang berada di tempat museum tersebut. Berikut ini kami akan memberikan informasi tentang fasilitas apa saja yang ada di monumen kapal selam yang ada di Kota Surabaya ini.

Fasilitas Monumen Kapal Selam Surabaya

Tentunya sebuah museum seperti Monumen Kapal Selam Surabaya ini mempunyai fasilitas yang cukup lengkap seperti museum pada umumnya di Kota Surabaya. Monumen Kapal Selam Surabaya Sudah mempersiapakan fasilitas yang terbilang lengkap sehingga Anda nyaman berada di sini. Mulai dari Area parkir yang luas hingga terdapat Mushola yang bersih. Berikut ini deretan Fasilitas yang tersedia:

  • Area Parkir
  • Mushola
  • Toilet
  • Smoking Area
  • Spot Foto
  • Payung
  • Video Rama
  • Music Live
  • Stan Souvenir
  • Kolam Renang
  • Rekreasi Air di sungai Kalimas
  • Fasilitas Protokol Kesehatan
  • dan masih banyak lagi lainnya.
Museum Kapal Selam Jawa Timur
Museum Kapal Selam Jawa Timur, Picture by @athallahardian

Harga Tiket Masuk Monumen Kapal Selam Surabaya

Untuk tiket masuk atau HTM Monumen Kapal Selam Surabaya, Anda akan dikenakan tarif sekitar Rp15.000,- pastinya harga tersebut sangat bersahabat dengan kantong Anda. Jadi tidak perlu khawatir jika ingin berkunjung dan belajar untuk mengetahui sebuah Kapal Selam Indonesia yang luar biasa.

Harga Tiket MasukRp15.000,-

Jam Buka Monumen Kapal Selam Surabaya

Untuk jam buka Monumen Kapal Selam Surabaya ini mulai buka pada pukul 09.00 tutup pada pukul 17.00 untuk hari senin – jumat, dan pada hari sabtu – minggu buka pada pukul 09.00 dan tutup pukul 19.00.

SENIN – JUMAT09:00 – 17:00 WIB 
SABTU – MINGGU09:00 – 19:00 WIB 
Monumen Kapal Selam
Monumen Kapal Selam, Picture by @catharinamaya

Lokasi Monumen Kapal Selam Surabaya

Untuk lokasinya Monumen Kapal Selam Surabaya ini berada di Jalan. Pemuda No.39, Embong Kaliasin, Kec. Genteng, Kota SBY, Jawa Timur 60271. Jika Anda dari arah pusat Kota Surabaya Monumen ini tidak jauh karena lokasinya berada di pusat kota juga. Jika Anda masih bungung dengan rute menuju tempat monumen tersebut kami akan menginformasikan silahkan Anda klik link yang kami berikan GoogleMaps.

Museum Kapal Surabaya
Museum Kapal Surabaya, Picture by @eggsploit

Jika Anda berkunjung ke Monumen Kapal Selam Surabaya ini sebaiknya tetap mematuhi protokol kesehatan yang ada dengan tetap memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak pada saat Anda berada di lokasi tersebut. Terimakasih Anda sudah bersedia mampir ke blog suwatu.com semoga informasi pada artikel Monumen Kapal Selam Surabaya dapat menjawab informasi yang Anda butuhkan.

X CLOSE
Advertisements
ADVERTISEMENT
X CLOSE