SATE HADORI Bandung: Harga Menu & Daya Tarik

Jika disuruh merekomendasikan sate terbaik di Kota Kembang, pastinya di urutan pertama ditempati oleh Sate Hadori Bandung. Hidangan daging yang ditusuk kemudian dibakar menggunakan arang ini sangat populer bahkan menjadi kuliner legendaris di Bandung.

Bapak Jokowi Presiden Indonesia saja menjadi salah satu pelanggan tetap di warung sate ini. Hampir dalam setiap kunjungan beliau ke Bandung, pasti akan menyempatkan waktu untuk mampir di Sate Hadori ini.

Daya Tarik Sate Hadori Bandung

Daya Tarik Sate Hadori Bandung
Daya Tarik Sate Hadori Bandung, Picture by @khojib_jatanras

Bapak presiden saja mampir, tentu saja Anda juga harus mampir ketika berkunjung ke Bandung suatu saat nanti. Sate Hadori sudah memiliki banyak sekali pelanggan, bahkan setiap harinya mereka bisa menyajikan puluhan hingga ratusan porsi. Berikut daya tarik lainnya:

1.Telah Hadir Sejak Tahun 1940

Kehadiran warung Sate Hadori ternyata sudah sangat lama sekali, bahkan sebelum negara Indonesia merdeka, yakni di tahun 1940. Pendiri dari warung sate legendaris ini adalah Kakek Inung dan Nenek Una, namun beliau membuka warung di daerah Garut yang merupakan daerah asalnya.

Beberapa waktu kemudian, sang pendiri memutuskan untuk pindah ke Bandung dan menjajakan dagangan mereka dengan cara berkeliling hingga akhirnya memiliki kios alias warung.

Hingga kini pun Sate Hadori masih berada di tempat yang sama ketika mereka pertama kali buka kios. Pengelola atau pemilik warung sate berniat untuk terus menjaga nilai historis dari tempat tersebut sebagai awal berdirinya Sate Hadori di Bandung.

2. Asal Muasal Nama Sate Hadori

Sebenarnya di awal merintis usaha, nama warungnya adalah Sate Inung dan nama Hadori belum tersemat di warung ini. Hal tersebut bermula pada tahun 1960-an, dimana usaha sate yang dirintis oleh Kakek Inung dan Nenek Una dilanjutkan oleh sang menantu yang bernama Hadori.

3. Menu Unggulan Terlezat

Sate Hadori sebenarnya memiliki beragam menu sate dan gule, namun dari semua menu, sate kambinglah yang menjadi unggulan. Bahan yang digunakan untuk membuat sate bukanlah kambing biasa karena kambing dipilih adalah kambing muda.

Kambing muda tersebut berusia mulai dari 1 sampai dengan 1,5 tahun dan berjenis kelamin betina. Sedangkan bagian tubuh yang digunakan untuk membuat sate adalah paha belakang sehingga tidak heran dagingnya sangat empuk.

Kendati demikian, masih banyak menu sate lainnya yang bisa Anda pesan, khususnya apabila tidak suka dengan sate kambing, yakni sate ayam dan sate sapi. Tak hanya itu saja, para pengunjung bisa menikmati lezatnya sate jeroan kambing atau sate sineureut juga di sini.

4.Pengunjung Bisa Melihat Proses Pembuatan Sate

Berbeda dengan warung-warung sate lainnya, di Sate Hadori para pengunjung bisa menyaksikan secara langsung bagaimana proses pembuatan satenya. Mulai dari pemotongan daging menjadi dadu, kemudian proses penusukan daging, hingga proses pembakarannya bisa disaksikan siapa saja.

Inilah daya tarik terbesar dari Sate Hadori, yang membuat para pengunjung bisa melihat sendiri bagaimana kualitas daging, bumbu, dan pastinya kebersihan dalam proses pembuatan sate.

5. Langganan Para Petinggi Indonesia

Advertisement

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, salah satu pelanggan tetap dari Sate Hadori adalah presiden Indonesia, yakni Bapak Jokowi. Namun bukan hanya satu dua petinggi negara saja yang berlanggan, tetapi masih banyak lagi.

Pejabat-pejabat negara, baik dari Kota Bandung sendiri maupun luar kota juga banyak yang berkunjung, salah satunya Gubernur Jawa Barat saat ini, yakni Ridwan Kamil. Selain itu, Bapak Sandiaga Uno juga pernah mampir ke sini.

6. Potongan Daging Besar tapi Empuk

Meskipun menggunakan daging yang berkualitas, namun Sate Hadori tidak pernah pelit kepada para pelanggannya, bahkan potongan daging di setiap tusuk sate tergolong besar-besar.

Siapa yang tidak tergiur dengan ukuran daging besar menggoda? Jika di beberapa tempat daging ukuran besar terkenal sangat alot, namun di Sate Hadori tidak demikian. Meski ukurannya jumbo, namun Anda tidak akan kesulitan ketika mengonsumsinya karena super empuk.

Potongan daging yang empuk tersebut nantinya akan dihidangkan dalam piring, kemudian disertai dengan sepiring kecil sambal kecap dan irisan bawang, cabe, dan sambal kacang. Jadi, Anda bisa meracik bumbu sendiri sesuai dengan selera masing-masing.

Dalam satu porsi sate, Anda akan mendapatkan 10 tusuk sate, namun jika dirasa terlalu banyak, Anda bisa memesan ½ porsi saja, yakni 5 tusuk. Meskipun hanya 5 tusuk, dijamin satenya akan sangat memuaskan, karena potongan daging jumbo dan empuk.

Harga Menu Sate Hadori Bandung

Harga Menu Sate Hadori Bandung
Harga Menu Sate Hadori Bandung, Picture by @restaurun

Sate Hadori menjadi kuliner yang sangat dicari oleh wisatawan, baik lokal maupun luar negeri. Harga satenya memang tidak sama dengan harga sate di pinggiran jalan karena memang kualitasnya cukup berbeda. Berikut ini daftar harganya:

Sate
Sate Kambing SineureutRp65.000 per 10 tusuk
Sate Kambing PolosRp60.000 per 10 tusuk
Sate Kambing Campur LemakRp60.000 per 10 tusuk
Sate AyamRp50.000 per 10 tusuk
Sate SapiRp60.000
Gule dan Sop
Gule Kambing 1 PorsiRp50.000
Gule Kambing ½ PorsiRp30.000
Sop Kambing 1 PorsiRp50.000
Sop Kambing ½ PorsiRp30.000
Nasi
Nasi PutihRp6.000
Nasi Goreng KambingRp35.000
Nasi Goreng AyamRp25.000
Minuman
Jus ManggaRp18.000
Jus JambuRp18.000
Jus BelimbingRp18.000
Jus SirsakRp18.000
Jus JerukRp18.000
Jus AlpukatRp20.000
Es JerukRp18.000
Hot JerukRp18.000
Teh BotolRp6.000
Mineral WaterRp6.000
Es Teh ManisRp6.000
Es Teh TawarRp4.000
Kerupuk
Kerupuk PutihRp8.000
Kerupuk GendarRp8.000
EmpingRp5.000

Jam Buka Sate Hadori Bandung

Jam Buka Sate Hadori Bandung
Jam Buka Sate Hadori Bandung, Picture by @restaurun

Anda bisa leluasa meluangkan waktu untuk berkunjung ke Sate Hadori, karena jam operasionalnya cukup panjang. Warung sate legendaris di Bandung ini buka setiap hari sehabis subuh dan akan tutup hingga larut malam.

Tak jarang warung akan tutup tengah malam, yakni pukul 00.00 WIB. Wah, pas sekali jika lapar melanda tengah malam bisa langsung datang ke warung Sate Hadori di Bandung.

Fasilitas Sate Hadori Bandung

Fasilitas Sate Hadori Bandung
Fasilitas Sate Hadori Bandung, Picture by @ubuleats

Beberapa fasilitas umum tersedia di Sate Hadori untuk menunjang kenyamanan para konsumen ketika memilih untuk makan di tempat. Nah, inilah beberapa fasilitas yang dimaksud:

  • Area parkir
  • Toilet bersih
  • Take away
  • Meja dan kursi yang nyaman
  • Dll.

Lokasi Sate Hadori Bandung

Lokasi Sate Hadori Bandung
Lokasi Sate Hadori Bandung, Picture by @siska_1203_silvia

Bagi Anda yang tertarik untuk menikmati Sate Hadori khas Bandung, silahkan langsung datang ke lokasi, yakni Jln. Stasion Selatan, Nomor 11-12, Kebonjerok, yang masih termasuk dalam kawasan Kecamatan Andir, Kabupaten Bandung.

Dari Alun-Alun Kota Bandung, Anda hanya memerlukan waktu 30 sampai 40 menit untuk sampai ke lokasi Sate Hadori dengan menggunakan kendaraan pribadi. Anda juga bisa memanfaatkan transportasi umum, misalnya saja bus kota, ojek online, dan lain sebagainya.

Apabila Anda memulai perjalanan dari Stasiun Bandung, maka silahkan keluar melewati pintu selatan, lalu ikuti jalan kecil yang berada tepat di belakang tugu kereta api. Di Sate Hadori, Anda akan menemukan dua pintu yang bisa dilewati keduanya.

Sate Hadori Bandung bisa menutup wisata kuliner Anda di Kota Kembang ini dan dapat dipastikan akan sangat memuaskan. Rasa khas daging dibakar yang dipadukan dengan bumbu kacang nikmat, akan menjadi perpaduan rasa yang sulit Anda lupakan.

Kunjungi juga: