RONDE JAHE Alkateri Bandung Harga Menu, Daya Tarik & Lokasi

Ronde adalah salah satu minuman tradisional yang hingga saat ini masih eksis di tengah gempuran minuman kekinian. Minuman hangat ini masih bisa ditemukan di pinggir jalan meskipun sudah mulai langka, salah satunya Ronde Jahe Alkateri Bandung.

Bagi wisatawan luar Bandung yang sedang berkunjung ke Kota Kembang, malam hari Anda wajib diisi dengan kegiatan minum ronde di Alkateri. Belum tahu di mana tempatnya? Coba saja simak informasi berikut ini:

Daya Tarik Rone Jahe Alkateri Bandung

Daya Tarik Ronde Jahe Alkateri Bandung
Daya Tarik Ronde Jahe Alkateri Bandung, Picture by @am.rnh

Masyarakat Bandung pasti setuju bahwa minuman ini sangat nikmat dan super menghangatkan. Ketika diminum, kehangatannya perlahan masuk ke dalam tubuh mulai dari mulut, kemudian tenggorokan, hingga menyeluruh.

Warung Wedang Ronde Jahe Alkateri yang berada di Bandung ini bukanlah sembarang warung ronde, pasalnya warung ini menjadi tujuan wisatawan yang ingin menikmati kuliner malam Bandung yang nikmat dan menghangatkan. Daya tarik dari warung ini bisa Anda simak pada ulasan di bawah ini:

1. Kuliner Legendaris sejak 34 Tahun Lalu

Wedang Ronde Alkateri, begitulah sebagian besar orang menyebutnya dan merupakan nama populer di kalangan pecinta kuliner. Warung yang berada dekat dengan Alun-Alun Kota Bandung ini sudah berdiri sejak 1984, sehingga membuatnya mendapat predikat legendaris.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, karena memang warung ini mampu bertahan di tengah menjamurnya brand-brand minuman modern di Bandung dan sekitarnya. Bahkan sejak tahun 1984 atau sejak berdirinya warung, rasa yang disajikan tetap sama dan tidak pernah berubah.

Oleh sebab itu, tidak heran jika warung yang menyediakan minuman penghangat tubuh ini hingga kini masih banyak diincar oleh para pemburu kuliner, khususnya pecinta kuliner tradisional. Tak hanya itu saja, wisatawan luar Bandung juga selalu mengincar ronde satu ini.

2. Warung Sederhana dengan Penggemar Banyak

Ukuran warung Wedang Ronde Alkateri memang sangat kecil, namun pengunjung yang datang ke sini tidak main-main. Penggemarnya sangat banyak sehingga tidak heran jika setiap harinya warung akan menuh dengan orang-orang yang datang.

Tentu saja hal tersebut dikarenakan banyak alasan, salah satunya adalah dikarenakan pelayanan yang sangat ramah. Terutama pelayanan dari Tante Gwat, seorang nenek yang sudah berusia 80 tahun tapi masih sangat segar dan cekatan ketika melayani para konsumen.

Selain itu, tempatnya sangat bersih dan terawat, sehingga siapa saja akan betah berlama-lama berada di sini. Pelayanan ramah, tempat nyaman, ronde yang nikmat adalah perpaduan menyenangkan ketika berwisata kuliner di Bandung, bukan?

3. Ronde Warna-warni Berisi Kacang Tanah

Di urutan ketiga yang menjadi daya tarik dari Ronde Alkateri Bandung adalah ronde dengan warna-warni menggemaskan yang berisi kacang tanah. Hal ini jarang ditemukan, karena biasanya ronde hanya memiliki satu warna saja.

Cita rasa dari ronde ini juga sangat khas dan dalam satu porsi terdiri dari kuah jahe hangat dan juga ronde. Nah, yang menjadi daya tarik dari ronde satu ini terletak pada ukurannya, terdapat dua ukuran ronde yakni ukuran besar dan kecil.

Advertisement

Warna-warni pada ronde hanya untuk membuat minuman ini menarik, bukan tanda bahwa isian ronde berbeda-beda. Meskipun warnanya berbeda, isian rode tetap sama yakni kacang tanah.

Namun, kacang tanah hanya bisa ditemukan pada ronde yang berukuran besar saja, sedangkan ronde kecil tidak ada isinya tetapi teksturnya kenyal dan membuat ketagihan. Kalau Anda sudah pernah mencoba ronde satu ini, kesukaan Anda ronde kecil atau besar?

4. Campuran Jahe dan Pemanis yang Pas

Bagi yang sudah pernah merasakan Ronde Jahe Alkateri, pasti merasa bahwa racikan ronde merupakan racikan paling pas di antara banyaknya ronde di Bandung. Apalagi ketika ronde disantap di saat udara Bandung mulai dingin-dinginnya, pasti sangat pas dan menghangatkan.

Di sini Anda bisa memesan ronde, baik dari ukuran besar, kecil, maupun campur besar kecil. Selain itu, Anda juga bisa memilih varian kuahnya, bisa campuran kuah jahe yang menggunakan gula merah ataupun gula putih.

Tak ada yang bisa membandingkan kedua jenis kuah tersebut karena keduanya memiliki rasa nikmat yang sama namun dengan ciri khas masing-masing. Aroma jahe di setiap jenis kuahnya juga sangat kuat dan dipastikan rasanya super nendang.

Warung yang menyediakan menu ronde di Bandung dan sekitarnya memang sangat banyak, akan tetapi jika Anda ingin merasakan rasa ronde legendaris yang sejak tahun 1984 tidak berubah rasanya, maka bisa langsung mengunjungi warung Wedang Ronde Alkateri Bandung, Jawa Barat.

Harga Menu Ronde Jahe Alkateri Bandung

Harga Menu Ronde Jahe Alkateri Bandung
Harga Menu Ronde Jahe Alkateri Bandung, Picture by @isharevegan

Untuk bisa menyantap sajian ronde nikmat khas Bandung ini, Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam karena harganya masih terjangkau. Berikut ini daftar menu beserta harga Ronde Jahe Alkateri Bandung:

Nama MenuHarga per Porsi
Ronde Besar Gula MerahRp25.000
Ronde Besar Gula PutihRp25.000
Ronde Campur Gula MerahRp25.000
Ronde Campur Gula PutihRp25.000
Ronde Kecil Gula MerahRp25.000
Ronde Kecil Gula PutihRp25.000
Kuah Jahe Gula MerahRp10.000
Kuah Jahe Gula PutihRp10.000

Jam Buka Ronde Jahe Alkateri Bandung

Jam Buka Ronde Jahe Alkateri Bandung
Jam Buka Ronde Jahe Alkateri Bandung, Picture by @jastipbyona

Jika ingin menikmati Ronde Jahe Alkateri, tenang saja, Anda bisa datang setiap hari Senin hingga Sabtu sedangkan di hari Minggu warung akan tutup. Karena termasuk kuliner malam Bandung, tentu saja jam operasionalnya tidak seperti warung-warung lainnya.

Ronde Jahe Alkateri mulai menerima pesanan mulai dari jam 17.00 WIB  dan akan tutup pada jam 21.00 WIB. Pastikan Anda datang di awal-awal waktu buka, karena setiap hari warung sederhana ini akan dipenuhi pelanggan. Jika datang di penghujung waktu, takutnya akan kehabisan ronde.

Meskipun tergolong sebagai warung sederhana, namun pemiliknya mengikuti perkembangan zaman, sehingga Anda bisa memesan ronde secara online melalui aplikasi ojek online, yakni GoFood, kemudian GrabFood, dan juga ShopeeFood.

Fasilitas Ronde Jahe Alkateri Bandung

Fasilitas Ronde Jahe Alkateri Bandung
Fasilitas Ronde Jahe Alkateri Bandung, Picture by @eatandcapture

Warung ronde legendaris yang ada di Bandung ini sangat sederhana dan berada di pinggir jalan sehingga fasilitasnya tidak selengkap warung-warung besar lainnya. Di sini disediakan meja dan tempat duduk bagi pelanggan yang ingin menikmati ronde di tempat.

Lahan parkir juga terbatas, karena memang area warung tidak begitu luas. Namun, Anda bisa memarkirkan kendaraan di area lain di sekitar warung, tentunya dengan mengaktifkan sistem keamanan, misalnya saja alarm atau kunci ganda.

Lokasi Ronde Jahe Alkateri Bandung

Lokasi Ronde Jahe Alkateri Bandung
Lokasi Ronde Jahe Alkateri Bandung, Picture by @jakartaintrovert

Seperti namanya, warung ronde legendaris yang sudah berdiri sejak tahun 1980-an ini berada di Jalan Alkateri, Bandung. Akan tetapi kini Ronde Jahe Alkateri bisa ditemukan di tempat lain, karena sudah buka cabang. Berikut daftar cabangnya:

  • Taman Kopo Indah 1
  • Setiabudi Supermarket
  • Jln. Cibadak, Bandung
  • Rumah Mode
  • Foodcourt Mall 23 Paskal
  • Mekar Utama Nomor 11
  • Pasir Kaliki Sentosa
  • Yogya Riau Junction

Kuliner malam Bandung memang bermacam-macam, salah satunya Ronde Jahe Alkateri Bandung yang sudah melegenda. Selain menjadi minuman yang menghangatkan, ronde juga menyehatkan karena semua bahan baku untuk pembuatannya dari bahan alami.

Kunjungi juga: